Sabtu, November 08, 2008

Obama oh Obama


Anak SDN 01 Menteng Mejeng
di Halaman Depan
The New York Times

Endang Isnaini Saptorini - detikNews

Washington - Kemenangan Obama membawa banyak berkah bagi media yang mendukungnya sejak awal. The Washington Post mencetak lagi edisi spesial. The Los Angeles Times mengedarkan 40.000 cetakan tambahan. The New York Times memampang gambar anak-anak SD Menteng 01, Jakarta.

Anak-anak SD Menteng 01 itu, sebagaimana dilaporkan wartawan detikcom, Endang Isnaini Saptorini dari Washington DC, Jumat (7/11/2008), mejeng di halaman depan The New York Times edisi 6 November 2008. Wajah-wajah gembira anak-anak SDN 01 Menteng berada di halaman depan. Halaman bergengsi di harian paling berpengaruh di AS. The New York Times mencetak 50.000 extra.

Usai kemenangan Presiden Barack Obama 5 November 2008, The Washington Post mencetak edisi spesial sebanyak 35 ribu eksemplar. Edisi spesial cetak ulang ini akan mulai dijual besok (Jumat), 7 November 2008, di 7-Eleven, CVS, Giant, Harris Teeter, Safeway, Shoppers Food and Pharmacy dan tempat-tempat retail lain di seluruh negeri.

Edisi khusus yang dicetak 35 ribu kemarin, juga laris manis terjual di retailer, pada pukul 11.00 waktu setempat. Fenomena yang menggembirakan tentunya. Di saat era digital sekarang ini merajai penyebaran berita, ternyata masyarakat AS masih menyukai edisi cetak (surat kabar pagi).

Biasanya The Washington Post mencetak sekitar 600 ribu eksemplar. Di sehari setelah Barack Obama terpilih menjadi presiden, The Washington Post mencetak 30% lebih banyak dan semuanya sold out. Tambahan sebanyak 350 ribu edisi khusus sudah beredar hari ini dan besok.

Demikian diungkapkan David Dadisman, VP Sirkulasi Washington Post. The Washington Post laku keras di Atlanta, Indianapolis, Charlotte, Detroit, Chicago, Miami and Los Angeles, dibanding di wilayah lain. Bahkan ada yang berkeinginan menjualnya di e-bay dengan harga penawaran $100/copy atau $50 masih dalam plastik di craiglist.

Masyarakat seperti memiliki keinginan pembenaran berita sebelumnya, bahwa AS sudah memiliki Presiden baru, Barack Obama. Mereka membutuhkan pembuktian nyata dengan menyentuh sesuatu yang bisa dijadikan bukti sejarah di masa mendatang. Sesuatu yang membuktikan bahwa Presiden terpilih Barack Obama, memang pernah ada dan menjadi berita besar di tahun ini, 2008.

The Los Angeles Times mengedarkan 40,000 cetakan tambahan dan juga laris di pasaran dan mencetak sebanyak 30 ribu lagi. The New York Times mencetak 50,000 extra. The Chicago Tribune, menambahkan 200 ribu exemplar.

Di Atlanta, koran-koran menggelar meja di jalan untuk menjual cetakan extra ini dari 40 ribu eksemplar, 60 ribu hingga yang terakhir 50 ribu eksemplar.
(asy/asy)



3 comments:

Anonim,  15 Januari 2009 pukul 03.05  

Submit your Blog to our Newest PR 3 Web Directory for Bloggers. Visit KeywordDir.info

Anonim,  19 Januari 2009 pukul 20.57  

Hi there... want to change your favicon? find out how.. Have a nice tuesday!

Anonim,  21 Januari 2009 pukul 00.47  

Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP