Jumat, Mei 23, 2008

SISWA & CARA BARU BELAJAR EFEKTIF


Writen By Hendra Hendriana

Mail : ndathea83@gmail.com

Site : http://hendrahendriana.blogspot.com


Kalo mau jujur, bagi kebanyakan pelajar, saat ini kita belajar semakin jauh dari daftar aktivitas mereka sehari-hari. Silahkan saja kalo mau menampik, tapi sebelumnya selahkan lihat kegiata contek-mencontek yang begitu marak. Kenapa mereka mencontek? Tentunya tak lain mereka jarang belajar. Lalu, kenapa mereka jarang belajar? Sebab belajar itu sangat…sangat membosankan. Belajar seperti kegiatan rutinitas yang membuang waktu. Kenapa meski susah-susah membuka buku kalau soal nanti yang keluar hanya pilihan ganda atau hafalan definisi yang masih bisa dikarang, tinggal pilih saja saja salah satu dari empat jawaban dan pasti ada kemungkinan benarnya meski itu hanya sekecil 1 : 4 baik dengan cara itung kancing, tebak-tebakan dsb. Soal definisi itu pun masih bisa diakali dengan mencatatnya sekecil mungkin di kertas yang juga berukuran kecil yang sengaja dipersiapkan untuk catatan kecil ala mencontek siswa yang sudah trend dipelosok nusantara, tinggal di masukin saku, dompet atau diselip dikaus kaki beres deh urusan, mudah memang tapi kalo begitu terus apa artinya sekolah ya toh…tah ada ilmu yang masuk. Nah, tips belajar berikut buka untuk mengatrol nilai ulanganmu, tapi untuk menambah pengetahuan dan ilmu. Kalo sekedar ingin nilai yang bagus, gampang saja tinggal pelajari “ilmu mencontek” tapi buat apa nilai tinggi kalo otak kosong??? Buat apa nunggu 1-3 tahun atau 1-6 tahun kalo keluar nanti kita tidak mendapat ilmu apa-apa. Menipu guru itu tidak baik apalagi menipu diri sendiri.

Tips Pertama

Mulailah dari hal yang kamu senangi

Kalo kamu betah duduk berdua dengan doi hingga berjam-jam, itu tidak lain karena kamu senang padanya. Rasa senang terhadap sesuatu akan membuat seseorang ingin tahu lebih banyak tentang sesuatu itu. Karena itu, kalau kamu ingin belajar, sebaiknya cari tahu dulu pelajaran apa yang benar-benar kamu senangi. Dengan begitu, lembar-lembar buku pelajaran itu tidak akan terasa membosankan. Sebaliknya, setiap lembar dari buku tersebut akan memancingmu rasa ingin tahu.

Tak perlu di hafal

Menghafal pasti akan merasa sangat membosankan. Tidak hanya itu, belajar dengan cara menghafal justru akan mematikan potensi kreatif dan memandulkan nalar. Seekor burung beo seumur hidupnya akan mengucapkan kata-kata yang pernah di ajari oleh pemiliknya. System belajar burung beo itu tidak lain adalah menghafal. Mau kamu seperti beo? Dalam ilmu psikologi ada yang namanya inhibisit proaktif, artinya semakin sering menghafal akan memperburuk daya ingat! Persis seperti ujar-ujar pelajar iseng : semakin banyak menghafal semakin banyak pula yang kita lupa. Jadi budayakan “membaca” semakin kita sering membaca semakin kita akan melatih otak kita dalam berfikir dan memberikan solusi yang terbaik.

Dua pertiga malam

Cobalah bangun antara pukul 02.00 atau pukul 03.00, apalagi jika anda seorang beragama muslim terlebih dahulu melaksanakan sholat tahajud atau sholat hajat, rasakan kesunyiannya tak ada hiruk-pikuk, tak ada bising sinetron, tak ada suara kendaraan. Suara yang ada mungkin hanya dengungan suara nyamuk, ringkikan jangkrik yang memecah kesunyian malam, detak jam atau suara keluargamu yang tidurnya mendengkur. Dalam keheningan tersebut, pikiran akan lebih jernih dan dalam kejernihan pelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami. Tak usah takut akan gangguan setan, sebenarnya yang membuat takut itu hanyalah pikiran kita sendiri yang hanya membayangkan akan ketakutan terhadap sesuatu dengan kata lain kita takut akan bayangan kita sendiri, setan itu mahluk dari dimensi lain tak bisa menyentuh apalagi mencekikmu. Mereka paling hanya bisa menampakan diri saja, kalaupun terjadi cuekin aja nanti juga dia bosan sendiri tuh.

Dengar iringan musik

Selain bisa mengusir kejenuhan, musik juga dap[at membuatmu tambah rileks dan nyaman, tentu saja musiknya bukan sembarangan musik, tapi pilihlah musik yang berirama selaras seperti musik klasik yang mengalun tenang, lebih bagus lagi musik instumentalia. Selain membuatmu tambah rileks lagu-lagu klasik/instrumentalia juga dapat mempertajam kosentrasi dan perkembangan otak manusia.

Perlu diingat : musik klasik lebih baik untuk perkembangan dan kosentrasi otak manusia dibandingkan musik lainnya, karena musik klasik iramanya sangatlah selaras hingga otak akan lebih terangsang. Hal tentang pengaruh yang besar dari musik klasik akan di konsep selanjutnya.

Semoga tips untuk belajar lebih efektif ini bermanfaat untuk semuanya, terima kasih.

0 comments:

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP