Jumat, Mei 23, 2008

Bahaya Rokok


Setiap Menit Orang Meninggal Akibat Rokok



Peraturan larangan merokok ditempat umum yang telah diberlakukan oleh pemerintah rasanya hilang tak berbekas sama sekali.

Dimana mana kita melihat orang merokok dengan santainya didepan umum , saya perhatikan wanita juga semakin banyak yang merokok di depan umum.
Saya jadi yakin dan percaya ada suatu penelitian mengenai masalah jumlah rokok yang dihisap oleh warga indonesia ,ternyata Indonesia menempati urutan kelima terbesar didunia ,dengan jumlah 215 miliar batang rokok yang dihisap (data th.2002) ,tempat petama adalah Cina dengan 1.643 miliar batang ,kedua Amerika dengan 451 miliar , jepang 328 miliar ,Rusia 258 miliar

Sekitar setengah dari jumlah perokok, meninggal akibat rokoknya. Separuh dari mereka yang meninggal itu akan tutup usia pada umur 35-69 tahun.
Sekitar 100 juta orang meninggal akibat rokok di abad ke-20. Kalau situasinya
tetap seperti ini, maka akan ada satu miliar orang yang akan mati akibat rokok.

total kematian pada th.2000 akibat rokok adalah 4,2 juta per tahun, atau 350 ribu per bulan, atau 11.666 per hari, atau 486 per jam. ''Tercatat ada delapan
orang meninggal dunia setiap menit di dunia akibat rokok,''

Ternyata pada asap rokok terdapat sekitar 4.000 bahan kimia berbahaya.
Asap ini terbagi dua, yaitu asap utama (main stream smoke) yang keluar dari
pangkal rokok dan asap sampingan (side stream smoke) yang keluar dari ujung rokok.

Zat-zat berbahaya tersebut meliputi aseton (cat), ammonia (pembersih lantai),
arsen (racun), butane (lighter fuel -- bahan bakar ringan), kadmium (aki mobil),
karbon monoksida (asap knalpot), DDT (insektisida). Selain itu juga hidrogen
sianida (gas beracun), methanol (bensin roket), naftalen (kamper), toluene (pelarut industri), vinil klorida (plastik), dan masih banyak lagi.

Akibat yang ditimbulkan zat-zat berbahaya tersebut adalah gangguan pada paru, yaitu penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang meliputi bronkhitis kronik dan emfisema. Juga kanker paru (bukan karsinoma sel kecil dan karsinoma sel kecil), penurunan faal paru, dan penyakit paru lainnya.

Rokok juga mengakibatkan gangguan reproduksi pada pria dan wanita. Pada pria berupa impotensi, infertilitas, dan gangguan sperma. Sedangkan pada wanita berupa nyeri haid, menopause lebih awal, dan infertilitas,'

Penyakit atau masalah lain yang ditimbulkan karena rokok adalah rambut (bau dan kotor), mata (berair, sering berkedip, katarak, degenerasi macula, kebutaan), kulit (keriput, penuaan dini), hidung (gangguan penciuman), gigi (diskolorisasi, plak, longgar, gingivitis), dan mulut (bau mulut, nyeri tenggorok, gangguan mengecap rasa).

Berbagai jenis kanker juga mengancam para perokok. Antara lain kanker mulut yang berpotensi lima kali lebih besar, kanker tenggorok sembilan kali lebih besar, kanker kandung kemih dua hingga tiga kali lebih besar, kanker bibir, pipi, lidah, kanker pankreas, esofagus, dan kanker leher rahim.

Pada wanita hamil, rokok bisa menyebabkan keguguran, gangguan tumbuh kembang anak dan penyakit lain pada anak, gangguan oksigen janin, dan gangguan enzim pernapasan.
Jika ibu merokok 10 batang per hari, maka kemungkinan anaknya akan menderita asma dua kali lebih besar.

Karena itu kebiasaan merokok harus dihentikan. Caranya dengan mengenali bahaya rokok, ubah kebiasaan, lakukan secara berangsur-angsur, dan yang terpenting ada motivasi yang kuat untuk menghentikan rokok,Nah ...kalau kita semua sudah tahu dan mengerti dari bahaya merokok ,masih maukah kita merokok ?

0 comments:

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP